Desain dan interior rumah minimalis terbaru

LightBlog
ads

Ads

ads
Powered by Blogger.

Blog Archive

LightBlog

Saturday, May 28, 2016

Beginilah Kami Arsitek Mendesain, Step By Step Mendesain Bangunan Arsitektur!

27 mei 2016

Bismillahirrahmanirrahim

- بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Mendesain bangunan tidak semudah yang umumnya orang orang pahami, ada proses yang panjang untuk menghasilkan sebuah bangunan berkualitas. Proses yang panjang itu sanggup di bagi menjadi 3 tahap secara garis besar. Input, analisis dan output atau dengan bahasa lain survey, analisis dan desain.  Proses inilah yang akan membentuk semua produk arsitektur.

image courtesy by miragestudio7

Input

Input ini berupa semua rujukan awal yang akan menjadi contoh awal proses desain, sanggup berupa data survey lapangan, harapan klien dan studi literatur. Setiap hal hal tersebut juga mempunyai struktur kegiatannya yang sangat kompleks, contohnya saja survey lapangan, survey lapangan tidak selalu identik dengan foto foto saja, tetapi lebih jauh mengenai kondisi fisik tapak, dan pemotretan hanya salah satu bab di dalamnya. Survey lokasi ini akan menghasilkan analisis mengenai orientasi bangunan terhadap tapak lingkungan, bagaimana respon bangunan terhadap suhu dan penghawaan setempat, sirkulasi tapak terhadap bangunan, dan sirkulasi di dalam bangunan itu sendiri.




Analisis

Setelah keseluruhan input di miliki, maka proses berikutnya yaitu analisis data yang telah ter input, menganalisis data data tersebut inilah yang menjadi salah satu ke ahlian yang umumnya harus di miliki seorang arsitek. Seseorang sanggup saja dikala menggunakan jasa arsitek mengungkapkan harapan keinginannya mengenai desain ibarat apa yang menjadi dambaannya, seluas apa kamar yang beliau inginkan, ruang ibarat apa yang beliau berhadap ada di dalam bangunannya, namun perlu di ketahui bahwa faktor harapan pemilik hanyalah salah satu faktor dari faktor pembentuk bangunan, masih ada faktor lainnya yang menjadi pertimbangan ibarat luas lahan yang dimiliki, peraturan bangunan gedung, ketersediaan ruang terbuka dan yang lainnya.


Analisis analisis ini akan menghasilkan sebuah kesimpulan yang mengkerucut, contohnya saja dimana posisi hadapan bangunan yang paling baik, model dan kebutuhan bukaan pintu dan jendela, materi yang cocok untuk bangunan, ketinggian bangunan, ketinggian lantai perlantai bangunan, posisi ruang terbuka pada tapak dan lain sebagainya. Hasil analisis ini juga akan menjadi titik awal pengolahan sketsa danbentuk bangunan

Out-put

Output dari dua proses diatas yakni gambar gambar bangunan yang umumnya telah kita dapati di mana mana secara online. Gambar gambar tersebut juga mempunyai dimensi yang luas, alasannya umumnya desain sanggup di pastikan akan mengalami beberapa proses perubahan. Paling awal biasanya ada gambar yang di sebut sebagai gambar pra rencana, kemudian gambar ini nantinya akan menjadi gambar rencana, gambar planning akan di detailkan menjadi gambar Detail enginnering,dan gambar inilah yang akan menjadi contoh pembangunan. Dua hal yang selalu mengikuti desain yang tidak sanggup terpisahkan yakni dukumen RAB planning anggaran bangunan , dan dokument BOQ planning kerja dan syarat syarat.

Tujuh tahun kuliah ditambah lagi dengan aktivitas PPARS pendidikan profesi arsitek nantinya, percayalah seorang arsitek yang menentukan arsitek sebagai profesi utamanya sangat paham betul dengan apa yang beliau lakukan, maka tak heran kalau terkadang ada pertanyaan ibarat gambar di atas! saya tidak tahu mengapa orang orang menyewa jasa arsitek untuk mendesain bangunannya namun kemudian pada prosesnya mereka mencoba mengatur apa yang seharusnya seorang arsitek lakukan, sangat lucu memang =). 

Sebagai kesimpulan, Jika anda dapati pada bangunan anda setahun dua tahun di huni mulai tidak memperlihatkan kenyamanan untuk di gunakan, cenderung memperlihatkan perasaan stress dan ribet perawatan, sanggup saja itu di karenakan anda tidak memperlihatkan ruang yang cukup bagi arsiteknya dalam bereksplorasi mendesain bangunan anda. Semoga bermanfaat! 

Sedang terkenal di channel kami:


Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda yakni semangat gres buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai wangsit desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016



LightBlog
LightBlog