Desain dan interior rumah minimalis terbaru

LightBlog
ads

Ads

ads
Powered by Blogger.

Blog Archive

LightBlog

Wednesday, December 16, 2015

Mengenal Lebih Akrab Sang Arsitek Zaha Mohammad Hadid!

zaha hadid image courtesy by cnn

Zaha mohammad hadid atau biasa kita kenal dengan zaha hadid lahir pada tanggal 31 oktober 1950 di bagdad, iraq. Ayah berjulukan Mohammad hadid dan ibu berjulukan wajiha al-sabunji dan mempunyai dua saudara kandung Fulath hadid dan Haithem hadid. Zaha hadid ialah seorang arsitek iraqi-british, menuntaskan pendidikannya di American University of Beirut dan Architectural Association School of Architecture.






 Zaha mohammad hadid atau biasa kita kenal dengan zaha hadid lahir pada tanggal  Mengenal lebih erat sang arsitek Zaha Mohammad Hadid!
Heydar Aliyev Center. Image © Hufton+Crow

Pada tahun 2004 dia menjadi perempuan pertama peserta penghargaan Pritzker Architecture Prize. Ia juga telah mendapatkan penghargaan The Stirling Prize di tahun 2010 dan 2011. Pada tahun 2014 Heydar Aliyev cultural Center yang telah didesain olehnya memenangkan The Design Museum Design of the year, dan menjadikannya perempuan pertama yang memenangkan top prize pada kompetisi itu. Di tahun 2015 dia menjadi perempuan pertama yang di anugrahi the Riba Gold Medal untuk dirinya sendiri.

 Zaha mohammad hadid atau biasa kita kenal dengan zaha hadid lahir pada tanggal  Mengenal lebih erat sang arsitek Zaha Mohammad Hadid!
Photo: An illustration of the Sleuk Rith Institute's proposed library exterior and reflecting pool. (MIR: Sleuk Rith Institute. )



Bangunan bangunan yang di desainnya sangat khas dengan Neofuturistiknya, di tampilkan dalam aksara yang berpengaruh pada bentuk bentuk melengkung dari struktur struktur memanjang dengan banyak sekali perspectif dan geometry yang terfragmentasi untuk menjadikan "chaos" dari gaya hidup modern itu sendiri. Ia sampai dikala ini merupaka Profesor University Applied Arts Vienna di Austria.

 Zaha mohammad hadid atau biasa kita kenal dengan zaha hadid lahir pada tanggal  Mengenal lebih erat sang arsitek Zaha Mohammad Hadid!
university of applied arts vienna architecture. image courtesy by e-architect

Hadid tumbuh besar di salah satu bangunan karya bauhaus di bagdad selama sebuah kala dimana medernisme telah di konotasikan sebagai sesuatu yang mewah di timur tengah. Ia mencar ilmu matematika di American University of Beirut sebelum melanjutkan pendidikannya pada Architectural Association School of Architecture di london, dimana dia bertemu Rem Koolhaas, Elia Zenghelis dan Bernard Tschumi. Ia bekerja untuk mantan profesornya, Koolhaas dan Zenghelis, pada Office for Metropolitan Architecture di rotterdam, belanda, dan kesudahannya menjadi rekanan di tahun 1977. Melalui kerjasamanya dengan Koolhaas, dia bertemeu Peter Rice, engineer yang telah memberikannya proteksi dan dorongan paling awal di waktu itu dimana pekerjaannya terlihat semakin sulit. Pada tahun 1980 dia mendirikan agen arsiteknya sendiri yang bermarkas di london. Selama tahun 1980 dia juga mengajar pada banyak sekali Asosiasi Arsitektur. Nah untuk lebih lengkapnya simak video berdurasi 1:10:39 menit, bercerita wacana perjalanan karir profesinya, bagaimana rekan rekan nya menilainya, dan masih banyak hal menarik lainnya, inspiratif!!!






LightBlog
LightBlog