Desain dan interior rumah minimalis terbaru

LightBlog
ads

Ads

ads
Powered by Blogger.

Blog Archive

LightBlog

Tuesday, April 26, 2016

Arsitektur Tanpa Kantung Plastik



25 april 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kayaknya benda yang satu ini yaitu benda yang selalu hadir di setiap acara kehidupan, wadah kawasan menyimpan aneka barang berbahan plastik ini sudah begitu mendarah daging pada kehidupan kita, anda mungkin seharusnya tahu semenjak oktober 2010 Kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik sudah dimulai, dengan nama kampanye Diet Kantong Plastik oleh Greeneration Indonesia di Bandung. Sebuah gerakan yang patut di apresiasi tentunya, hal ini pulalah yang mendorong kami untuk ikut menulis mengenai hal ini.

image courtesy by dietkantongplastik

Arkomjogja, Bertukar kebudayaan Indonesia-Myanmar
Desain sofa unik dari drum bekas
Yu sing, Semua insan yaitu pendatang
Kreasi lampu hias unik dari barang bekas
SAYEMBARA SHELTER BAMBU 2016

Didalam laman resminya juga dietkantongplastik.info menambahkan Di awal tahun 2013, lembaga-lembaga pegiat warta kantong plastik: Change.org, Ciliwung Institute, Earth Hour Indonesia, Greeneration Indonesia, Leaf Plus, Indorelawan, Si Dalang, The Body Shop, dan beberapa perwakilan individu, menginisiasi gerakan nasional bersama, berjulukan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. Tujuan kerja sama menjadi gerakan bersama tersebut yaitu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia baik secara personal maupun lembaga, dan juga menyatukan dampak dari seluruh kampanye yang dilaksanakan.


Sebagai arsitek yang juga berbicara mengenai topik topik yang serupa ihwal hal ini, maka sudah selayaknya kita mendorong warta serupa dari sisi sisi arsitektur, tidak mesti selalu kaitannya dengan kantong plastik, tetapi juga produk produk lain serupa dari plastik, menyerupai mendesain kembali dengan botol plastik bekas, atau dan yang lainnya.

Mungkin anda juga seharusnya tahu, apasih bahayanya plastik? di jelaskan pula dalam official websitenya, ancaman kantong plastik antara lain

Memicu perubahan iklim
Dari proses produksi, konsumsi, sampai pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim alasannya yaitu kondisi bumi semakin memanas.

Berbahaya bagi insan
Kantong plastik yang dibakar dapat menjadikan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang dipakai sebagai wadah masakan berpotensi mengganggu kesehatan manusia.

Mencemari lingkungan
Kantong plastik yang dibuang sembarangan dapat menjadikan tersumbatnya selokan dan tubuh air, terpengaruhi oleh binatang dan rusaknya ekosistem di sungai dan laut.

Terurai sangat lama
Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah alasannya yaitu rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan sampai ribuan tahun kemudian.

Nah ingin tahu lebih lengkap mengenai gerakan ini, pribadi saja ke website resminya http://dietkantongplastik.info/



Berbagai ilham desain dari pallet bekas
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016

LightBlog
LightBlog